Asuhan Keperawatan Keluarga dengan Tahap Perkembangan Anak Remaja



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Keluarga merupakan suatu kumpulan yang memiliki hubungan darah, ikatan perkawinan,dan adopsi serta tinggal dalam satu rumah tangga, saling berinteraksi satu sama lain dan saling ketergantungan. Dalam keluarga biasanya terdiri dari orang tua yaitu ayah dan ibunya, serta anak-anaknya, dan masing-masing individu memiliki perannya masing-masing.
Tantangan utama bagi keluarga dengan anak remaja meliputi perubahan perkembangan yang dialami oleh remaja dalam batasan perubahan kognitif, pembentukan identitas, dan pembentukan biologis, serta konflik-konflik dan krisis yang didasarkan perkembangan.  Ada tiga aspek proses perkembangan remaja yang menyita banyak perhatian, yakni  emasipasi (otonomi yang meningkat), budaya orang muda (perkembangan hubungan teman sebaya), kesenjangan antara generasi (perbedaan nilai-nilai dan norma-norma antara orang tua dan remaja).
Banyak masalah yang sering timbul pada keluarga dengan tahap perkembangan anak remaja karena pada tahap ini, anak berusaha mencari identitas diri, sehingga mereka sering membantah orang tuanya, karena mulai mempunyai pendapat sendiri, cita-cita dan nilai-nilai sendiri yang berbeda dengan orang tuanya. Orang yang dianggap penting pada usia ini adalah teman sebaya, mereka berusaha untuk mengikuti pendapat dan gaya teman-temannya karena dianggap memiliki kesamaan dengan dirinya, sehingga pada usia ini sering terlibat dalam geng-geng. Masalah lain yang sering mengganggu anak remaja adalah masalah yang berkaitan dengan organ reproduksi (seksual). Mereka memiliki dorongan untuk pemuasan seksual. Oleh karena itu, para remaja mencari kepuasan dalam bentuk khayalan, membaca buku atau menonton film porno.
Peran perawat dalam asuhan keperawatan keluarga dengan tahap anak usia remaja adalah membantu keluarga untuk menyelesaikan masalah kesehatan dengan cara meningkatkan kesanggupan keluarga melakukan fungsi dan tugas perawatan kesehatan keluarga, sehingga keluarga dapat melakukan program asuhan kesehatan secara mandiri, dan masalah yang timbul bisa teratasi.

B.     Tujuan penulisan
1.      Tujuan umum
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar keluarga dengan tahap perkembangan usia remaja dan asuhan keperawatan pada keluarga dengan tahap perkembangan usia remaja
2.      Tujuan khusus
Adapun tujuan khusus penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
a.       Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami konsep dasar keluarga dengan tahap perkembangan usia remaja
b.      Mahasiswa dapat mengetahui dan  memahami asuhan keperawatan pada keluarga dengan tahap perkembangan usia remaja
c.       Metode penulisan
Dalam pembuatan makalah ini tim penulis menggunakan metode  deskriptif yaitu dengan mengumpulkan data-data yang diambil dari sumber buku perpustakaan dan internet, diskusi kelompok, serta konsultasi dengan dosen pembimbing.
d.      Sistematika Penulisan
Makalah ini disusun berdasarkan sistematika penulisan dalam 4 BAB yaitu :
BAB I : Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II :Tinjauan teori yang terdiri dari konsep dasar keluarga dengan tahap perkembangan usia remaja
BAB III   :  asuhan keperawatan pada keluarga dengan tahap perkembangan usia remaja
BAB IV   :  kesimpulan dan saran
DAFTAR PUSTAKA




BAB II
TINJAUAN TEORITIS
A.    Konsep Dasar Keperawatan Keluarga
1.      Pengertian Keluarga
Keluarga adalah sekumpulan orang yang dihubungkan oleh ikatan perkawinan, adaptasi, dan kelahiran yang bertujuan untuk menciptakan dan mempertahankan budaya yang umum, meningkatkan perkembangan fisik, mental, dan emosional serta sosial individu-individu yang ada didalamnya dilihat dari interaksi yang reguler dan ditandai dengan adanya ketergantungan dan hubungan untuk mencapai tujuan umum ( Duval 1972, dalam Ali 1999, hal. 4 ).
Keluarga adalah dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal disuatu tempat dibawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan ( Departemen Kesehatan RI 1988, dalam Ali 1999, hal. 5 ).
Keluarga adalah dua atau lebih individu yang bergabung karena hubungan darah perkawinan dan adopsi dalam satu rumah tangga berinteraksi satu dengan yang lainnya dalam peran dan menciptakan serta mempertahankan suatu budaya ( Bailon dan Magloya 1989, dalam Ali 1999, hal. 5 ).
2.      Tipe Keluarga
a.       Menurut Friedman (1986, dalam Ali, 1999, hal.8 )  terdapat delapan tipe keluarga :
1)      Nuclear family
Suatu keluarga yang terdiri dari orang tua dan anak yang masih menjadi tanggungannya dan tinggal dalam satu rumah terpisah dari sanak keluarga lainnya.
2)      Extended family (keluarga besar)
yakni satu keluarga yang terdiri dari satu atau dua keluarga inti yang tinggal dalam satu rumah dan saling menunjang satu sama lainnya.
3)      Single parent family
Yakni satu keluarga yang dikepalai oleh satu kepala keluarga dan hidup bersama dengan anak-anak yang masih bergantung padanya.
4)      Nuclear dyatd
Yakni keluarga yang terdiri dari sepasang suami istri tanpa anak, tinggal dalam satu rumah yang sama.
5)      Reconti tuened atau blended family
Yakni suatu keluarga yang terbentuk dari perkawinan pasangan yang masing-masing pernah menikah dan masing-masing  membawa anak hasil perkawinan terdahulu.
6)      Three generation family
Yakni keluarga yang terdiri dari tiga generasi yaitu kakek, nenek, bapak, ibu, dan anak dalam satu rumah.
7)      Single adult living alone
Yaitu bentuk keluarga yang hanya terdiri dari seorang dewasa yang hidup dalam rumahnya.
8)      Midle age atau ederly couple
Yakni keluarga yang terdiri dari sepasang suami istri usia pertengahan.

b.      Marilyn M. Friedmen (1998, dalam Ali, 1999, hal.9 )
Tipe keluarga :
1)      Keluarga inti (konjugal)
Adalah keluarga yang menikah sebagai orang tua, atau pemberi nafkah. Keluarga inti terdiri dari suami, istri, dan anak (anak kandung, anak adopsi).
2)      Keluarga orientasi (keluarga asal)
Adalah unit keluarga yang didalamnya seseorang dilahirkan.
3)      Keluarga besar
Adalah keluarga inti dan orang-orang yang berhubungan (oleh darah), yang paling lazim terjadi anggota keluarga, orientasi yaitu salah satu teman keluarga inti, sanak keluarga, kakak, nenek, tante, paman dan sepupu
3.      Tugas Keluarga Di Bidang Kesehatan
Sesuai dengan fungsi pemeliharaan kesehatan, keluarga mempunyai tugas di bidang kesehatan yang perlu dipahami dan dilakukan meliputi (Suprajitno 2004, hal 17 ) :
a.       Mengenal masalah kesehatan keluarga
Kesehatan merupakan kebutuhan keluarga yang tidak boleh diabaikan karena tanpa kesehatan, segala sesuatu tidak akan berarti dan karena kesehatanlah kadang seluruh kekuatan sumber daya dan dana keluarga habis. Orang tua perlu mengenal keadaan kesehatan dan perubahan-perubahan yang dialami anggota keluarga. Perubahan sekecil apapun yang dialami anggota keluarga secara tidak langsung menjadi perhatian orang tua/keluarga. Apabila menyadari adaanya perubahan keluarga, perlu dicatat kapan terjadinya, perubahan apa yang terjadi, dan seberapa besar perubahannya.
b.      Memutuskan tindakan kesehatan yang tepat bagi keluarga
Tugas ini merupakan upaya keluarga yang utama untuk mencari pertolongan yang tepat sesuai dengan keadaan keluarga, dengan pertimbangan siapa diantara keluarga yang mempunyai kemampuan memutuskan untuk menentukan tindakan keluarga. Tindakan keehatan yang dilakukan oleh keluarga diharapkan tepat agar masalah kesehatan dapat dikurangi atau bahkan teratasi. Jika keluarga mempunyai keterbatasan dapat meminta bantuan kepada orang dilingkungan tinggal keluarga agar memperoleh bantuan.

c.       Merawat keluarga yang mengalami gangguan kesehatan
Sering kali keluarga telah mengambil tindakan yang tepat dan benar, tetapi keluarga memiliki keterbatasan yang telah diketahui oleh keluarga sendiri. Jika demikian, anggota keluarga yang mengalami gangguan kesehatan perlu memperoleh tindakan lanjutan atau perawatan agar masalah yang lebih parah tidak terjadi. Perawatan dapat dilakukan diinstitusi pelayanan kesehatan atau dirumah apabila keluarga telah memiliki kemampuan melakukan tindakan untuk pertolongan pertama.
d.      Memodifikasi lingkungan keluarga untuk menjamin kesehatan keluarga.
e.       Memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan disekitarnya bagi keluarga.
4.      Fungsi Keluarga
Friedman (dalam Ali, 1999, hal.14) mengemukakan ada 5 fungsi keluarga yaitu:
a.       Fungsi afektif
Yaitu yang berhubungan dengan fungsi internal keluarga yang merupakan dasar kekuatan keluarga. Fungsi afektif berguna untuk pemenuhan kebutuhan psikososial. Anggota keluarga mengembangkan gambaran dirinya yang positif, peranan yang dimiliki dengan baik  dan penuh rasa kasih sayang.
b.      Fungsi sosialisasi
Yaitu proses perkembangan dan perubahan yang dimulai individu yang menghasilkan interaksi sosial dan melaksanakan perannya dalam lingkungan sosial.
Keluarga merupakan tempat individu melaksanakan sosialisasi dimana anggota keluarga belajar disiplin, norma budaya, perilaku, melalui interaksi dalam keluarga selanjutnya individu maupun berperan didalam masyarakat.

c.       Fungsi reproduksi
Yaitu fungsi untuk meneruskan kelangsungan keturunan dan menambah sumber daya manusia.
d.      Fungsi ekonomi
Yaitu fungsi memenuhi kebutuhan keluarga, seperti makanan, pakaian, perumahan, dan lain-lain.
e.       Fungsi perawatan keluarga
Yaitu keluarga menyediakan makanan, pakaian, pelindungan, dan asuhan kesehatan/keperawatan.
Kemampuan keluarga melakukan asuhan keperawatan atau pemeliharaan kesehatan mempengaruhi status kesehatan keluarga dan individu.
5.      Peran Perawat Keluarga
Perawatan kesehatan keluarga adalah pelayanan kesehatan yang ditujukan pada keluarga sebagai unti pelayanan untuk mewujudkan keluarga sehat. Fungsi perawat membantu keluarga untuk menyelesaikan masalah kesehatan dengan cara meningkatkan kesanggupan keluarga melakukan fungsi dan tugas perawatan kesehatan keluarga.
Peran perawat dalam melakukan perawatan kesehatan keluarga adalah sebagai berikut :
1.      Pendidik
Perawat perlu melakukan pendidikan kesehatan kepada keluarga agar :
a.       Keluarga dapat melakukan program asuhan kesehatan secara mandiri.
b.      Bertanggung jawab terhadap masalah kesehatan keluarga
2.      Koordinator
Koordinasi diperlukan pada perawatan agar pelayanan sskomperhensif dapat dicapai. Koordianasi juga diperlukan untuk mengatur program kegiatan atau terapi dari berbagai disiplin ilmu agar tidak terjadi tumpang tindih dan pengulangan
3.      Pelaksana
Perawat dapat memberikan perawatan langsung kepada klien dan keluarga dengan menggunakan metode keperawatan.
4.      Pengawas kesehatan
Sebagai pengawas kesehatan harus melaksanakan hime visit yang teratur untuk mengidentifikasi dan melakukan pengkajian tentang kesehatan keluarga.
5.      Konsultan
Perawat sebagai narasumber bagi keluarga dalam mengatasi masalah kesehatan. Agar keluarga mau meminta nasehat kepada perawat, hubungan perawat dan klien harus terbina dengan baik , kemampuan perawat dalam menyampaikan informasi yang disampaikan secara terbuka dapat dipercaya
6.      Kolaborasi
Bekerja sama dengan pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan anggota tim kesehatan lain untuk mencapai kesehatan keluarga yang optimal.  
7.      Fasilisator
Membantu keluarga dalam menghadapi kendala seperti masalah sosial ekonomi, sehingga perawat harus mengetahui sistem pelayanan kesehatan seperti rujukan dan penggunaan dana sehat
8.      Penemu kasus
Menemukan dan mengidentifikasi masalah secar dini di masyrakat sehingga menghindari dari ledakan kasus atau wabah
9.      Modifikasi lingkungan
Mampu mmemodifikasi lingkungan baik lingkungan rumah maupun masyarakat agar tercipta lingkungan sehat.

B.     Konsep Keperawatan Keluarga Dengan Tahap Perkembangan Anak Usia Remaja
1.      Pengertian
Ketika anak pertama melewati umur 13 tahun, tahap kelima dari siklus kehidupan keluarga dimulai. Tahap ini berlangsung selama 6 hingga 7 tahun, meskipun tahap ini dapat lebih singkat jika anak meninggalkan keluarga lebih awal atau lebih lama jika anak masih tinggal dirumah hingga berumur 19 atau 20 tahun ( Friedman, 1998, hal. 124).
         Dimulai saat anak pertama berusia 13 tahun dan berakhir saat anak berusia 19-20 tahun. Keluarga dengan anak remaja berada dalam posisi dilematis, mengingat anak sudah mulai menurun perhatiannya terhadap orang tua dibandingkan dengan teman sebayanya. Pada tahapan ini seringkali ditemukan perbedaan pendapat antara orang tua dan anak remaja, apabila hal ini tidak diselesaikan akan berdampak pada hubungan selanjutnya. ( diadaptasi dari Duval, dalam Setiawati & Dermawan, 2008, hal. 20).
Tahap ini dimulai pada saat anak pertama berusia 13 tahun dan biasanya berakhir sampai pada usia 19 sampai 20 tahun, pada saat anak meninggalkan rumah orang tuanya. Tujuan keluarga adalah melepas anak remaja dan memberi tanggung jawab serta kebebasan yang lebih besar untuk mempersiapkan diri menjadi lebih dewasa ( Mubarak, 2009, hal. 89 ).
Berlangsung di usia 13-19 tahun (selama 6-7 tahun). Metamorfosis: pergeseran yang luar biasa pada pola-pola hubungan antar generasi, pergeseran dimulai dengan kematangan fisik remaja, sejalan dengan peran orangtua memasuki pertengahan hidup (Preto, 1988, dalam perawatindonesia.org, 2010).



2.      Peran, Tanggung Jawab, dan Masalah Orang Tua
Tidak perlu dikatakan bahwa orang tua mengasuh remaja merupakan tugas paling sulit saat ini.  Namun demikian, orang tua perlu tetap tegar menghadapi ujian batas-batas yang tidak masuk akal tersebut, yang telah terbentuk dalam keluarga ketika keluarga mengalami proses  ”melepaskan”. Duvall (1977) juga mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan yang penting karena masa ini yang menyelaraskan kebebasan dengan bertanggung jawab ketika remaja menjadi matang dan mengatur diri mereka sendiri. Friedman (1957) juga mendefinisikan bahwa tugas orang tua selama tahap ini adalah belajar menerima penolakan tanpa meninggalkan anak ( Friedman, 1988, hal. 125 )
Ketika orang tua menerima remaja apa adanya, dengan segala kelemahan dan kelebihan mereka, dan ketika mereka menerima sejumlah peran mereka pada tahap perkembangan ini tanpa konflik atau sensitivitas yang tidak pantas, mereka membentuk pola untuk semacam menerima diri yang sama. Hubungan antara orang tua dan remaja seharusnya lebih mulus bila orang tua merasa produktif, puas, dan dapat mengendalikan kehidupan mereka sendiri ( Kidwell et al, 1983) dan orang tua/keluarga berfungsi secara fleksibel (Preto, 1988, dalam Friedman, 1988, hal. 125 ).
Schultz (1972) dan lain-lain telah mengungkapkan pandangan mereka bahwa kompleksitas kehidupan mereka yang meningkat telah membuat peran orang tua tidak jelas. Orang tua merasa berkompetensi dengan berbagai kekuatan sosial dan institusi mulai dari otoritas sekolah dan konselor hingga keluarga berencana dan seks pra nikah dan pilihan kumpul kebo. Faktor-faktor lain menambah pengaruh mereka yang semakin berkurang tersebut. Karena adanya spesialisasi jabatan profesi, orang tua tidak lagi bisa membantu anak-anak mereka dengan rencana-rencana untuk  bekerja. Mobilitas penduduk dan kurangnya hubungan orang dewasa yang kontinu bagi remaja dan orang tua, selain ketidakmampuan banyak orang tua untuk mendiskusikan masalah-maslah pribadi, seks, dan masalah-masalah yang berkaitan dengan obat-obatan secara terbuka dan tidak menghakimi bersama anak-anak mereka memberikan kontribusi pada masalah-masalah orang tua-remaja ( Friedman, 1988, hal. 125 ).

3.      Tugas Perkembangan Keluarga
Tugas perkembangan yang pertama dan utama adalah menyeimbangkan kebebasan dengan tanggung jawab ketika remaja matur dan semakin mandiri. Orang tua harus mengubah hubungan mereka dengan remaja putri atau putranya secara progresif dari hubungan dependen yang dibentuk sebelumnya kearah suatu hubungan yang makin mandiri. Pergeseran yang terjadi dalam hubungan anak dan orang tua ini salah satu hubungan khas yang penuh dengan konflik-konflik sepanjang jalan ( Friedman, 1998, hal. 126).
Agar keluarga dapat beradaptasi dengan sukses selama tahap ini, semua anggota keluarga, khususnya orang tua, harus membuat “perubahan sistem” utama yaitu, membentuk peran-peran dan norma-norma baru dan “membiarkan” remaja. Kidwell dan kawan-kawan (1983) meringkas perubahan yang diperlukan ini  “secara paradoks sistem keluarga yang dapat membiarkan anggotanya adalah sistem yang akan bertahan dan menghasil sistem itu sendiri secara efektif pada generasi-generasi berikutnya” ( Friedman, 1998, hal. 126).
Orang tua yang dalam upaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka sendiri, tidak membiarkan anak-anaknya, seringkali menemukan “revolusi”. Oleh remaja bila perpisahan berlangsung kemudian. Orang tua dapat juga mempercayai anak agar mandiri secara prematur, dengan menyampaikan kebutuhan-kebutuhan ketergantungannya. Dalam hal ini remaja ini dapat gagal mencapai kemandirian (Wright an Leahey, 1984, dalam Friedman, 1998, hal. 126).
Menyangkut tiga tahap terakhir, hubungan perkawinan juga merupakan pusat perhatian. Tugas perkembangan keluarga yang kedua bagi pasangan suami istri adalah memfokuskan kembali hubungan perkawinan (Willson, 1988). Banyak sekali pasangan suami istri yang telah begitu terikat dengan berbagai tanggung jawab sebagai orang tua sehingga perkawinan tidak lagi memainkan suatu peran utama dalam kehidupan mereka. suami biasanya menghabiskan banyak waktu diluar rumah, karena bekerja dan melanjutkan karirnya, sementara itu, istrinya juga bekerja sementara mencoba meneruskan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga dan tanggung jawab sebagai orang tua. Dalam situasi seperti ini, hanya tersisa sedikit waktu dan energy untuk hubungan perkawinan ( Friedman, 1998, hal. 126).
Akan tetapi disisi lain, karena anak-anak lebih bertanggung jawab terhadap mereka sendiri, pasangan suami istri meninggalkan rumah untuk meniti karir mereka atau dapat menciptakan kesenangan-kesenangan perkawinan setelah anaknya telah meninggalkan rumah (postparental). Mereka dapat mulai membangun pondasi untuk tahap siklus kehidupan keluarga berikutnya ( Friedman, 1998, hal. 126).
Tugas perkembangan keluarga yang ketiga yang mendesak adalah untuk para anggota  keluarga, khususnya orang tua dan remaja, untuk berkomunikasi secara terbuka. Karena adanya kesenjangan antara generasi, komunikasi terbuka seringkali hanya merupakan suatu cita-cita, bukan suatu realita. Orang tua yang berasal dari keluarga dengan berbagai masalah terbukti seringkali menolak dan memisahkan diri dari anak mereka paling tua, sehingga mengurangi saluran-saluran komunikasi terbuka yang mungkin telah ada sebelumnya ( Friedman, 1998, hal. 126).
Mempertahankan etika dan standar keluarga merupakan tugas-tugas perkembangan keluarga lainnya (Duvall dan Miller, 1985). Meskipun aturan-aturan dalam keluarga belum diubah, etika dan standar moral keluarga belum tetap dipertahankan oleh orang tua. Remaja sangat sensitive terhadap ketidakcocokan antara apa dikatakan dengan apa yang dipraktekkan. Namun demikian, orang tua dan anak-anak dapat belajar dari satu sama lain dalam masyarakat yang majemuk dan berubah dengan cepat saat ini. Transformasi nilai dari kaum muda juga mentransformasikan keluarga. Adopsi gaya hidup yang lebih bebas dan sederhana melambangkan transformasi nilai yang mempengaruhi setiap tahap kehidupan keluarga (Yankelowich, 1975, dalam Friedman, 1998, hal. 126).

4.      Masalah-Masalah yang Terjadi Pada Keluarga dengan Tahap Perkembangan Anak  Usia Remaja
Ketidakmatangan dalam hubungan keluarga seperti yang ditunjukkan oleh adanya pertengkaran dengan anggota-anggota keluarga,terus menerus mengritik atau buat komentar-komentar yang merendahkan tentang penampilan atau perilaku anggota keluarga, sering terjadi selama tahun-tahun awal masa remaja. Pada saat ini hubungan keluarga biasanya berada pada titik rendah.
Hubungan keluarga yang buruk merupakan bahaya psikologis pada setiap usia, terlebih selama masa remaja karena pada saat ini anak laki-laki dan perempuan sangat tidak percaya pada diri sendiri dan bergantung pada keluarga untuk memperoleh rasa aman. Yang lebih penting lagi, mereka memerlukan bimbingan atau bantuan dalam menguasai tugas perkembangan masa remaja. Kalau hubungan-hubungan keluarga ditandai dengan pertentangan, perasaan-perasaan tidak aman berlangsung lama, dan remaja kurang memiliki kesempatan untuk mengembangkan pola perilaku yang tenang dan lebih matang. Remaja yang hubungan keluarganya kurang baik juga dapat mengembangkan hubungan yang buruk dengan orang-orang diluar rumah. Meskipun semua hubungan, baik dalam masa dewasa atau dalam masa kanak-kanak, kadang-kadang tegang namun orang ang selalu mengalami kesulitan dalam bergaul dengan orang lain dianggap tidak matang dan kurang menyenangkan. Hal ini menghambat penyesuaian sosial yang baik.
Masa remaja dikenal banyak orang sebagai masa yang indah dan penuh romantika, padahal sebenarnya masa ini merupakan masa yang penuh dengan kesukaran. Bukan hanya bagi dirinya tetapi bagi keluarga dan lingkungan sosial. Masa ini akan membuat remaja mengalami kebingungan disatu pihak masih anak-anak, tetapi dilain pihak harus bertingkah laku seperti orang dewasa. Situasi ini membuat mereka dalam kondisi konflik, sehingga akan terlihat bertingkah laku aneh, canggung dan kalau tidak dikontrol dengan baik dapat menyebabkan kenakalan. Dalam usahanya mencari identitas diri, mereka sering membantah orang tuanya, karena memulai mempunyai pendapat sendiri, cita-cita dan nilai-nilai sendiri yang berbeda dengan orang tuanya.
Pendapat orang tua tidak lagi dapat dijadikan pegangan, meskipun sebenarnya mereka juga belum memiliki dasar pegangan yang kuat. Orang yang dianggap penting dalam masa ini adalah teman sebaya. Mereka berusaha untuk mengikitu pendapat dan gaya teman-temannya karena dianggap memiliki kesamaan dengan dirinya. Karenanya sering kali remaja terlibat dalam geng-geng, dengan menjadi anggota geng mereka akan saling memberi dan mendapat dukungan mental. Beberapa kasus terakhir seperti geng-geng motor yang terlibat kegiatan merupakan bentuk dari kecenderungan tersebut. Mereka akan berani melakukan tindakan-tindakan kejahatan ketika dilakukan dalam kelompok dan tidak akan berani melakukannya secara individual. Masalah lain yang sering mengganggu anak remaja adalah masalah yang berkaitan dengan organ reproduksi (seksual). Satu sisi mereka sudah mencapai kematangan seksual, yang menyebabkan mereka memiliki dorongan untuk pemuasan tetapi disisi lain kebudayaan dan norma sosial melarang pemuasan kebutuhan seksual diluar pernikahan. Padahal untuk menikah banyak persyaratan yang harus dipenuhi, bukan hanya kemampuan dalam melakukan hubungan seksual, tetapi diperlukan ekonomi, kematangan psikologi, dan sebagainya.syarat-syarat ini sangat berat dan mungkin belum dicapai pada usia remaja. Oleh karena itu, para remaja mencari kepuasan dalam bentuk khayalan, membaca buku atau menonton film porno. Meskipun tingkah laku ini sebenarnya tetap melanggar norma masyarakat, tetapi mereka melakukannya dengan sembunyi-sembunyi.
Untuk menghadapi situasi ini orang tua harus lebih bijaksana dalam menyikapi, cara yang tepat dilakukan adalah dengan mengurangi control secara bertahap terhadap anaknya, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi diri sendiri secara bertahap sampai akhirnya dewasa.

Masalah-masalah kesehatan
Pada tahap ini kesehatan fisik anggota keluarga biasanya baik. Tapi promosi kesehatan tetap menjadi hal yang penting. Faktor-faktor resiko harus diidentifikasi dan dibicarakan dengan keluarga, seperti pentingnya gaya hidup keluarga yang sehat mulai dari usia 35 tahun, resiko penyakit jantung koroner meningkat dikalangan pria dan pada usia ini anggota keluarga yang dewasa mulai merasa lebih rentan terhadap penyakit sebagai bagian dari perubahan-perubahan perkembangan dan biasanya mereka ini lebih menerima strategi promosi kesehatan. Sedangkan pada remaja, kecelakaan terutama kecelakaan mobil merupakan bahaya yang amat besar, dan patah tulang dan cedera karena atletik juga umum terjadi (Friedman, 1998, hal. 127).
Penyalahguanaan obat-obatan dan alkohol, keluarga berencana, kehamilan yang tidak dikehendaki, dan pendidikan dan konseling seks merupakan bidang perhatian yang relevan. Dalam mendiskusikan topik ini dengan keluarga, perawat dapat terjebak dalam perselisihan atau masalah antara orang tua dan kaum muda, remaja biasanya mencari pelayanan kesehatan mencakup uji kehamilan, menggunakan obat-obatan, uji AIDS, keluarga berencana, dan aborsi, diagnosis dan perawatan penyakit kelamin. Agaknya telah menjadi trend yang sah bagi remaja untuk menerima perawatan kesehatan tanpa ijin orang tua. Bila orang tua diikutsertakan maka dilakukan wawancara terpisah sebelum mereka dikumpulkan (Friedman, 1998, hal. 127).
Kebutuhan kesehatan yantg lain adalah dalam bidang hubungan dan bantuan untuk memperkokoh hubungan perkawinan dan hubungan remaja dengan orang tua. Konseling langsung yang bersifat menunjang atau mulai rujukan ke sumber-sumber dalam komunitas untuk konseling, dan juga pendidikan yang bersifat rekreasional, dan pelayanan lainnya mungkin diperlukan, pendidikan promosi kesehatan umum juga diindikasikan (Friedman, 1998, hal. 127).

5.      Peran Perawat
Peran perawat pada tahap ini adalah mengarahkan keluarga pada peningkatan dan pencegahan penyakit. Penyuluhan tentang penyakit kardiovaskuler pada usia lanjut, penyuluhan tentang obat-obatan terlarang, minuman keras, seks, pencegahan kecelakaan pada remaja, serta membantu terciptanya komunikasi yang lebih efektif antara orang tua dengan anak remajanya ( Mubarak, 2009, hal. 90 ).
Peran perawat dalam peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit pada tahap keluarga dengan anak remaja menurut Stanhope (1998, Hal. 52):
a.       Guru tentang faktor-faktor kesehatan
b.      Guru dalam isu-isu pemecahan masalah mengenai alkohol dan merokok, diet dan gerak badan
c.       Fasilitator keterampilan interpersonal dengan anak belasan tahun bersama orang tua
d.      Penolong langsung, konsultan atau pihak yang merujuk ke sumber-sumber kesehatan mental
e.       Konsultan keluarga berencana
f.       Pihak yang merujuk ke bagian penyakit yang ditularkan melalui seksual
g.      Peserta dalam organisasi masyarakat untuk pengendalian penyakit.
C.    Asuhan Keperawatan Keluarga dengan Tahap Perkembangan Anak Usia Remaja Secara Teoritis
1.   Pengkajian
Tahap pertama pada asuhan keperawatan keluarga, yaitu perawat melakukan pengkajian dengan menggunakan formulir yang dapat digunakan pada semua tahap perkembangan keluarga ( Suprajitno, 2004, hal. 37 ).
Menurut Suprajitno ( 2004, hal. 38 ) meskipun demikian perawat perlu melakukan pengkajian fokus pada tiap perkembangan yang didasarkan oleh:
a.       Dalam tiap tahap perkembangan keluarga, karakteristik keluarga akan berbeda karena adda perubahan anggota keluarga ( dapat bertambah atau berkurang )
b.      Pada tiap tahap perkembangan, keluarga mempunyai tugas perkembangan keluarga yang harus dilakukan.
c.       Pada tiap tahap perkembangan keluarga, kewajiban keluarga berbeda.
Pengkajian data fokus keluarga dengan anak usia remaja dalam Suprajitno ( 2004, hal. 37 ) meliputi:
a.       Bagaimana karakteristik teman disekolah atau di lingkungan rumah
b.      Bagaimana kebiasaan anak menggunakan waktu luang
c.       Bagaimana perilaku anak selama dirumah
d.      Bagaimana hubungan antara anak remaja dengan adiknya, dengan teman sekolah atau bermain
e.       Siapa saja yang berada dirumah selama anak remaja dirumah
f.       Bagaimana prestasi anak disekolah dan prestasi apa yang pernah diperoleh anak
g.      Apa kegiatan diluar rumah selain disekolah, berapa kali, berapa lama, dan dimana
h.      Apa kebiasaan anak dirumah
i.        Apa fasilitas yang digunakan anak secara bersamaan atau sendiri
j.        Berapa lama waktu yang disediakan orang tua untuk anak
k.      Siapa yang menjadi figur bagi anak
l.        Seberapa peran yang menjadi figur bagi anak
m.    Bagaimana pelaksanaan tugas dan fungsi keluarga

2.   Diagnosa
Pada tahap ini ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan perawat sebagai berikut (Suprajitno, 2004, Hal. 42-47) :
a.       Pengelompokan Data
Kegiatan ini tidak berbeda dengan analisis dan sintesis pada asuhan keperawatan klinik. Perawat mengelompokan data hasil pengkajian dalam data subjektif dan objektif setiap kelompok diagnosis keperawatan.
b.      Perumusan Diagnosis Keperawatan
Perumusan diagnosis keperawatan dapat diarahkan kepada sasaran individu dan atau keluarga. Kompenen diagnosis keperawatan meliputi masalah ( problem ), penyebab ( etiologi ), dan atau tanda ( sign ).
Perumusan diagnosis keperawatan keluarga menggunakan aturan yang sudah disepakati, terdiri dari:
1)      Masalah (problem, P ) adalah suatu pernyataan tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia yang dialami oleh keluarga atau anggota ( individu ) keluarga
2)      Penyebab ( etiologi, E ) adalah suatu pernyataan yang dapat menyebabkan masalah dengan mengacu kepada lima tugas keluarga, yaitu mengenal masalah, mengambil keputusan yang tepat, merawat anggota keluarga, memelihara lingkungan, atau memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan
3)      Tanda ( sign, S ) adalah sekumpulan data objektif dan data subjektif yang diperoleh perawat dari keluarga secara langsung atau tidak yang mendukung masalah dan penyebab.
Tipologi diagnosis keperawatan keluarga dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu:
1)      Diagnosis aktual
Diagnosis aktual yaitu masalah keperawatan yang sedang dialami oleh keluarga dan memerlukan bantuan dari perawat dengan cepat
2)      Diagnosis resiko
Diagnosis resiko yaitu masalah keperawatan yang belum terjadi, tetapi tanda untuk menjadi masalah keperawatan aktual dapat terjadi dengan cepat apabila tidak segera mendapat bantuan perawat
3)      Diagnosis potensial
Diagnosis potensial yaitu suatu keadaaan sejahtera dari keluarga ketika keluarga telah mampu memenuhi kebutuhan kesehatannya dan mempunyai sumber penunjang kesehatan yang memungkinkan dapat ditingkatkan.

                        Masalah keperawatan sampai saat ini masih menggunakan daftar masalah keperawatan yang dibuat oleh asosiasi perawat Amerika ( NANDA ) yang meliputi masalah aktual, resiko atau resiko tinggi, dan potensial. Penyebab merujuk pada tugas keluarga dibidang kesehatan, yaitu mengenal masalah kesehatan, mengambil keputusan untuk tindakan, merawat anggota keluarga, memodifikasi lingkungan, atau memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan sesuai data yang telah dikumpulkan dalam pengkajian. Sedang tanda dapat dituliskan atau tidak karena telah diidentifikasi pada angkah awal.
Daftar masalah keperawatan (NANDA) yang dapat digunakan sebagai berikut:
§  Gangguan proses keluarga
§  Gangguan pemeliharaan kesehatan
§  Perubahan  kebutuhan nutrisi: kurang atau lebih dari kebutuhan tubuh
§  Gangguan peran menjadi orang tua
§  Gangguan pola eliminasi
§  Kondisi sanitasi yang tidak memenuhi syarat kesehatan
§  Gangguan penampilan peran
§  Gangguan pola seksual
§  Ketidakmampuan antisipasi dukungan berkepanjangan
§  Konflik pengambilan keputusan
§  Adaptasi kedukaan yang tidak fungsional
§  Potensial berkembanganya koping keluarga
§  Koping keluarga tidak efektif
§  Gangguan manajemen pemeliharaan rumah
§  Hambatan intraksi sosial
§  Defisit pengetahuan
§  Konflik peran keluarga
§  Resiko perubahan peran orang tua
§  Resiko terjadi trauma
§  Resiko tinggi perilaku kekerasan
§  Ketidakberdayaan
§  Terjadinya isolasi sosial

c.       Penilaian ( skoring ) diagnosis keperawatan
            Skoring dilakukan bila perawat merumuskan diagnosis keperawatan lebih dari satu. Proses skoring menggunakan skala yang telah dirumuskan oleh Bailon dan Maglaya ( 1978 ).
Proses skoringnya dilakukan untuk setiap diagnosis keperawatan:
§  Tentukan skornya sesuai dengan kreteria yang dibuat perawat
§  Selanjutnya skor dibagi dengan skor tertinggi dan dikalikan dengan bobot
Skor yang diperoleh  X bobot
Skor tertinggi
§  Jumlah skor untuk semua kreteria ( skor maksimum sama dengan jumlah bobot, yaitu 5 )
          Penentuan prioritas sesuai dengan kreteria skala:
§  Untuk kreteria pertama, prioritas utama diberika pada tidak atau kurang sehat karena perlu tindakan segera dan biasanya didasari oleh keluaraga
§  Untuk kreteria kedua perlu diperhatikan:
-          Pengetahuan yang ada sekarang, tekhnologi, dan tindakan untuk menangani masalah
-          Sumber daya keluarga: fisik, keuangan, tenaga
-          Sumber daya perawat: pengetahuan, keterampilan, waktu
-          Sumber daya lingkungan: fasilitas, organisasi, dan dukungan
§  Untuk kreteria ketiga perlu diperhatikan:
-          Kepelikan dari masalah yang berhubungan dengan penyakit atau masalah
-          Lamanya masalah yang berhububgan dengan jangka waktu
-          Tindakan yang sedang dijalankan atau yang tepat untuk memperbaiki masalah
-          Adanya kelompok  yang berisiko untuk dicegah agar tidak aktual dan menjadi parah.
§  Untuk kreteria keempat, perawat perlu menilai persepsi atau bagaimana keluarga menilai masalah keperawatan tersebut.

d.      Penyusunan prioritas diagnosis keperawatan
Prioritas didasarkan pada diagnosa keperawatan yang mempunyai skor tertinggi dan disusun berurutan sampai yang mempunyai skor terendah. Namun, perawat perlu mempertimbangkan juga persepsi keluarga terhadap masalah keperawatan mana yang perlu diatasi segera.

3.   Perencanaan Keperawatan Keluarga
      Perencanaan keperawatan mencakup tujuan umum dan khusus yang didasarkan pada masalah yang dilengkapi dengan kreteria dan standar yang mengacu pada penyebab. Selanjutnya merumuskan tindakan keperawatan yang berorientasi pada kreteria dan standar ( Suprajitno, 2004, hal. 49 ).
Rencana tindakan keperawatan terhadap keluarga, meliputi kegiatan-kegiatan yang bertujuan ( Suprajitno, 2004, hal. 49 ) :
a.       Menstimulasi kesadaran atau penerimaan keluarga mengenai maslah dan kebutuhan kesehatan dengan cara:
1)      Memberi informasi yang tepat
2)      Mengidentifikasi kebutuhan dan harapan keluarga tentang kesehatan
3)      Mendorong sikap emosi yang mendukung upaya kesehatan
b.      Menstimulasi keluarga untuk memutuskan cara perawatan yang tepat, dengan cara :
1)      Mengidentifikasi konsekuensinya bila tidak melakukan tindakan
2)      Mengidentifikasi sumber-sumber yang dimiliki dan ada di sekitar keluarga
3)      Mendiskusikan tentang konsekuensi tipe tindakan
c.       Memberikan kepercayaan diri selama merawat anggota keluarga yang sakit, dengan cara :
1)      Mendemonstrasikan cara perawatan
2)      Menggunakan alat dan fasilitas yang ada dirumah
3)      Mengawasi keluarga melakukan perawatan
d.      Membantu keluarga untuk memelihara (memodifikasi lingkungan) yang dapat meningkatkan kesehatan keluarga dengan cara :
1)      Menemukan seumber-sumber yang dapat digunakan keluarga
2)      Melakukan perubahan lingkungan bersama keluargha seoptimal mungkin
e.       Memotivasi keluarga untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada disekitarnya, dengan cara :
1)      Menggunakan fasilitas kesehatan yang ada di sekitar lingkungan keluarga
2)      Membantu keluarga menggunakan fasilitas kesehatan yang ada
Hal penting dalam penyusunan rencana asuhan keperawatan ( Suprajitno, 2004, hal. 50 ) :
a.       Tujuan hendaknya logis, sesuai masalah, dan mempunyai jangka waktu yang sesuai dengan kondisi klien
b.      Kriteria hasil hendaknya dapat diukur dengan alat ukur dan diobservasi dengan pancaindra perawat yang objektif
c.       Rencana tindakan disesuaikan dengan sunber daya dan dana yang dimiliki oleh keluarga dan mengarah ke kemandirian klien sehingga tingkat ketergantungan dapat diminimalisasi

        Rencana tindakan diarahkan untuk mengubah pengetahuan, sikap, dan tindakan keluarganya (Calgary,1994) sehingga pada akhirnya keluarga mampu memenuhi keebutuhan kesehatan anggota kelurganya dengan bantuan minimal dari perawat. Saat menyusun rencana intervensi, sebaiknya perawat melibatkan keluarga secara aktif karena keluarga memiliki tanggung jawab akhir dalam mengatur hidup mereka sendiri, dan merupakan cara untuk menghormati dan menghargai keluarga (Carey, 1989). Efektivitas yang akan diperoleh perawat, yaitu ada efek positif terhadap interaksi dengan keluarga, keluarga tidak menentang karena telah dilibatkan sebelumnya, dan keluarga cendrung bertanggung jawab ( Suprajitno, 2004, hal.24 ).




BAB III
Asuhan Keperawatan Pada Keluarga Tn. S
Pada Tahap Perkembangan Keluarga Dengan Anak Usia Remaja

A      INDENTITAS UMUM KELUARGA
1.      INDENTITAS KEPALA KELUARGA
Nama                    : Tn. S
Umur                    : 40 tahun
Agama                  : Islam
Suku                     : Melayu
Pendidikan           : SLTP
Perkerjaan            : Swasta
Alamat                 : Sungai purun kecil RT 14/ RW 07
No. Telpon           : -
2.      KOMPOSISI KELUARGA
no
Nama
L/P
Umur
Hub. Klg
Perkerjaan
Pendidikan
1
Tn S
L
40
Ayah kandung
Swasta
SLTP
2
Ny.L
P
38
Ibu kandung
IRT
SLTP
3
An.Y
L
16
Anak kandung
Pelajar
SMA
4
An.M
P
12
Anak kandung
Pelajar
SD

3.      GENOGRAM


                                                                                                       
                                                                                                                  





                                               : Perempuan
                                               : Laki-laki
: klien
                      …..                : Serumah

 
4.      TYPE KELUARGA
a.       Jenis Type Keluarga : Tipe Tradisional;  Nuclear family/Keluarga inti, dimana terdiri dari Kepala keluarga, ibu dan anak.
b.      Masalah Yang terjadi dg type tersebut : Tidak terjadi masalah pada keluarga Tn. S dengan tipe keluarga ini.
5.      SUKU BANGSA
a.       Asal Suku Bangsa : Melayu
b.      Tidak  ada Budaya Yang bertentangan dengan Kesehatan
6.      AGAMA DAN KEPERCAYAAN YANG MEMEPENGARUHI KESEHATAN
Perempuan tidak boleh memotong kuku dan potong rambut pada saat menstruasi.
7.      STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA
a.       Anggota yang keluarga yang mencari nafkah : Tn. S dan Ny. L
b.      Penghasilan : Rp. 2.000.000,00/bulan
c.       Upaya lain
Membuka Toko Sembako dan bertani
d.      Harta benda yang dimiliki
-          Motor 2 buah
-          Kulkas
e.       Kebutuhan yang dikeluarkan tiap bulan
Rp 1.500.000,00/bulan
8.      AKTIVITAS REKREASI KELUARGA
Setiap hari libur keluarga biasanya keluarga jalan-jalan ke pantai atau tempat lain bersama-sama, dan menonton TV di rumah di waktu senggang.
B. RIWAYAT DAN TAHAP PERKEMBANGAN KELUARGA
1. Tahap perkembangan keluarga saat ini
Keluarga dengan Anak Remaja (families with teenagers)
2.      Tahap perkembangan keluarga yang belum terpenuhi dan kendalanya
Keluarga belum memberikan kebebasan secara penuh dan bertanggung jawab kepada anak remajanya, keluarga belum membangun dengan efektif komunikasi terbuka antara orang tua dan anaknya, serta keluarga belum melakukan secara penuh perubahan sistemperan dan peraturan untung tumbuh kembang keluarga.

3.      Riwayat kesehatan keluarga inti
a         Riwayat kesehatan keluarga saat ini
Keluarga mengatakan saat ini setiap anggota keluarganya dalam keadaan sehat-sehat saja. Hanya ada beberapa anggota keluarga yang sering terkena sakit seperti Tn. S yang menderita Hipertensi.
b        Riwayat penyakit keturunan
Keluarga mengatakan penyakit keturunan yang ada pada anggota keluarganya yaitu Tekanan darah tinggi / Hipertensi yang dimiliki oleh Tn. S dari keluarga sebelumnya.
c         Riwayat kesehatan masing – masing anggota keluarga

No
Nama
BB
Umur
Keadaan kesehatan
Imunisasi  BCG/Polio
/DPT/HB/Campak
Masalah kesehatan
Tindakan yang telah dilakukan
1
Tn. S
60 kg
40


-
Hipertensi
Berobat ke mantri swasta / Puskesmas
2
Ny. L
58 kg
38

-
-
-
3
An. Y
47 kg
16

Lengkap
-
-
4
An.
35 kg
12

Lengkap
-
-

d        Sumber pelayanan kesehatan yang dimanfaatkan
Puskesmas dan Mantri swasta
e         Riwayat kesehatan keluarga sebelumnya
Keluarga mengatakan pada keluarga sebelumnya tidak memiliki masalah kesehatan yang serius baik dari pihak Suami maupun Istri. Hanya pada pihak keluarga Tn. S yang mempunyai riwayat penyakit hipertensi.

B       PENGKAJIAN LINGKUNGAN
1.      Karakteristik rumah
a.       Luas rumah
8 X 12 meter persegi
b.      Type rumah
Rumah Konvensional
c.       Kepemilikan
Milik Sendiri
d.      Jumlah dan ratio kamar/ruangan
Terdapat 3 buah kamar tidur, 1 ruangan tamu, 1 ruangan keluarga, 1 ruangan dapur, dan 1 ruangan dapur.
e.       Ventilasi/jendela
Terdapat 13 ventilasi dan 10 Jendela yang berada di Rumah keluarga Tn. S
f.       Pemanfaatan ruangan
Ruang tamu digunakan untuk apabila ada tamu yang berkunjung,
Ruang tengah/ keluarga digunakan keluarga untuk bersantai dan menonton TV,
Ruang Dapur digunakan untuk memasak dan makan bersama keluarga.
g.    Septic tank : Ada, letak dibelakang rumah berjarak 1 meter dari rumah
h.      Sumber air minum : air leiding, air hujan, atau air galon.
i.        Kamar Mandi/ WC : Terdapat 1 buah kamar mandi, dan 1 buah Wc.
j.        Sampah limbah RT : Sampah dibakar dibelakang rumah, jaraknya sekitar 6 meter dari rumah.
k.      Kebersihan lingkungan : Lingkungan didalam maupun dilingkungan luar rumah tidak tampak kotor, dan terlihat bersih.
2.      Karakteristik tetangga dan komunitas RW
a.       Kebiasaan : Di lingkungan RW keluarga Tn. S selalu mengadakan kegiatan Gotong royong setiap 1 bulan sekali, serta mengadakan yasinan setiap jumat malam.
b.      Aturan/kesepakatan : Kesepekatan di lingkungan RW tersebut setiap kepala keluarga atau anggota keluarga yang lainnya harus mengikuti kegiatan gotong royong dilingkungan tersebut.
c.       Budaya : Budaya yang berada di sekitar lingkungan keluarga Tn. S rata-rata merupakan budaya melayu.
3.      Mobilitas geografis keluarga : Sejak pertama kali menikah sudah tidak tinggal dengan orang tua baik sebelah laki-laki maupun perempuan, dan sudah menetap dipurun. Dan selama ini belum pernah berpindah rumah.
4.      Perkumpulan keluarga dan interaksi dengan masyarakat
Keluarga biasa berkumpul di waktu senggang, dan interaksi dimasyarakat dilakukan setiap hari karena Tn. S membuka Toko sembako untuk masyarakat disekitarnya.
5.      System pendukung keluarga
Disini keluarga memiliki jaminan pemeliharaan kesehatan berupa Kartu Jamkesmas.
C       STRUKTUR KELUARGA
1.      Pola/cara komunikasi keluarga : Keluarga berkomunikasi secara terbuka, menggunakan bahasa melayu, komunikasi secara langsung didalam rumah, frekuensinya tergantung pertemuan setiap anggota keluarga.
2.      Struktur kekuatan keluarga : Kekuatan keluarga dipegang oleh Kepala keluarga. Keputusan yang diambil dalam keluarga dipegang oleh Tn. S.
Model kekuatan atau kekuasaan yang digunakan keluarga dalam membuat keputusan menggunakan musyawarah dan kadang-kadang langsung diambil keputusan oleh kepala keluarga.
3.      Struktur peran ( peran masng – masing anggota keluarga ) :
Tn S : Sebagai kepala keluarga bertanggung jawab dalam mengatur rumah tangga dan bekerja untuk menafkahi setiap anggota keluarganya.
Ny L : berperan sebagai ibu rumah tangga didalam rumah, serta membantu kepala keluarga dalam bekerja.
An. Y  : Sebagai anak pertama, sekarang sedang Sekolah dibangku kelas 2 SMA.
An. M : sebagai anak yang kedua atau bungsu, sekarang sedang sekolah dibangku kelas 6 SD.
4.      Nilai dan norma keluarga
Nilai dan norma yang berlaku dalam keluarga menyesuaikan dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, serta nilai dalam agama yang dianut oleh keluarga.
D      FUNGSI KELUARGA
1.      Fungsi Afektif
Keluarga merasakan perasaan saling memiliki setiap anggota keluarga, serta berusaha mengembangkan sikap saling menghargai.
2.      Fungsi sosialisasi
a.       Kerukunan hidup dalam keluarga
Keluarga cukup rukun dan perhatian dalam membina hubungan rumah tangga.
b.      Interaksi dan hubungan dalam keluarga
Interaksi dalam keluarga cukup baik, walaupun An. Y tidak terlalu sering berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya karena sering berada diluar rumah.
c.       Anggota keluarga yang dominan dalam mengambil keputusan
Keluarga yang dominan dalam pengambilan keputusan adalah Tn. S
d.      Kegiatan keluarga waktu senggang
Menonton Tv di rumah, pergi kerumah tetangga, atau bepergian ke tempat wisata.
e.       Partisipasi dalam kegiatan sosial
Kegiatan gotong royong setiap bulan dan yasinan setiap minggu.
3.      Fungsi perawatan kesehatan
Disini keluarga sudah mengetahui masalah kesehatan yang terjadi pada salah satu anggota keluarga. Keluarga sudah mengambil keputusan dalam masalah kesehatan yang terjadi pada Tn. S dengan pergi ke puskesmas atau mantri untuk mengatasi masalah kesehatannya. Keluarga kurang memperhatikan dalam merawat anggota keluarga yang sakit, apalagi selama anggota keluarga yang sakit tidak mengganggu aktivitas sehari-harinya. Keluarga sudah baik dalam memilihara lingkungan rumah baik didalam rumah itu sendiri, maupun disekitar lingkungan luar rumah. Dalam menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan keluarga lebih memilih pergi ke mantri swasta, meskipun sudah memiliki kartu Jaminan pelayanan kesehatan. Karena di puskesmas pelayanan serta hasil pengobatan yang diberikan kurang terasa memuaskan oleh keluarga.
4.      Fungsi reproduksi
a.       Perencanaan jumlah anak
2 orang anak satu laki – laki dan satu perempuan
b.      Akseptor: ya, yang digunakan pil KB lamanya sekitar 3 bulan terakhir.
c.       Keterangan lain : Sebelumnya Ny. L menggunakan menggunakan kontrasepsi suntik selama 12 tahun mulai dari setelah kelahiran anak kedua.
5.      Fungsi ekonomi
a.       Upaya pemenuhan sandang pangan : upaya pemenuhan kebutuhan sandang pangan dipenuhi oleh Tn. S sebagai kepala keluarga serta dibantu oleh Ny. L.
b.      Pemanfaatan sumber dimasyarakat : Masyarakat lingkungan dan sekitar lainnya sebagai pelanggan dalam membeli kebutuhan pokok dan lainnya di Toko keluarga Tn. S.
E       STRESS DAN KOPING KELUARGA
1.      Stressor jangka pendek
Keluarga merasa kecewa dengan prestasi anak An. Y yang akhir-akhir ini menurun dari sebelumnya.
2.      Sressor jangka panjang
Penyakit hipertensi yang sering kali menganggu produktivitas Tn. S.
3.      Respons keluarga terhadap stressor
Keluarga berharap anaknya yang pertama prestasinya kembali meningkat. Dan keluarga menganggap sudah terbiasa dengan penyakit hipertensi yang dialami Tn. S karena merupakan penyakit keturunan.
4.      Strategi koping
Keluarga biasanya berdiskusi dalam menghadapi masalah.
5.      Strategi adaptasi disfungsional
Tn. S menganggap penyakit hipertensi yang dideritanya adalah penyakit biasa, karena merupakan keturunan.
F        KEADAAAN GIZI KELUARGA
Pemenuhan gizi : Pemenuhan gizi keluarga dilakukan oleh Ny. L dengan menyediakan pemenuhan kebutuhan makan 3 kali sehari.
Upaya lain : Tidak ada upaya lain yang dilakukan.
G      HARAPAN KELUARGA
1.      Terhadap masalah kesehatan
Keluarga mengatakan harapan agar setiap anggota keluarganya selalu sehat dan tidak pernah menderita sakit yang parah.
2.      Terhadap petugas kesehatan yang ada
Keluarga berharap pelayanan kesehatan Puskesmas yang ada didaerahnya agar kualitasnya lebih baik dari sekarang, dan dalam penggunaan pengobatan dengan menggunakan Jamkesmas agar lebih dimudahkan.
















H      PEMERIKSAAN FISIK
No
Variabel
Nama anggota keluarga
Tn. S
Ny. L
An. Y
An. M
1
Riwayat penyakit saat ini
Hipertensi
-
-
-
2
Keluhan yang dirasakan
-
-
-
-
3
Tanda dan gejala
-
-
-
-
4
Riwayat penyakit sebelumnnya
Hipertensi
-
-
-
5
Tanda – tanda vital
135/90
mmhg
S=36,5
RR=21
N=95
120/80 mmhg
S=36,5
RR=18
N=80
110/80
mmhg
S=36,5
RR=19
N=80
110/75
mmhg
S=36,5
RR=18
N=80
6
Sistem kardiovaskuler
Inspeksi : Pada bagian dada tidak terdapat lesi, jaringan parut, terlihat iktus kordis di mid klavikula iktus kordis ke 5
Palpasi : teraba iktus kordis di mid clavikula interkosta ke 5
JVP : 6 cm
Perkusi :
batas jantung interkosta ke 2-5 strenum kiri, interkosta 2-3 sternum kanan
Auskultasi : terdengar bunyi S2 di intercosta 2 sternum kiri dan kanan.
Dan terdengar bunyi S1 di intercosta ke-5 di samping sternum  dan mid klavikula kiri.
-
-
-
7
Sistem Respirasi
-
-
-
-
8
System GI Tract
-
-
-
-
9
System Persyarafan
-
-
-
-
10
System Muskulokeletal
-
-
-
-
11
Sistem Genetalia
-
-
-
-














I         TIPOLOGI MASALAH KESEHATAN
NO
DAFTAR MASALAH KESEHATAN
1
KURANG/TIDAK SEHAT

-
2
ANCAMAN

Penyakit keturunan Hipertensi Pada  Tn. S
3
DIFISIT

Kurang Pengetahuan tentang Tugas dan Perkembangan Keluarga

J         DAFTAR MASALAH PENGKAJIAAN KHUSUS BERDASARKAN 5 TUGAS KELUARGA
NO
KRITERIA
PENGKAJIAN
1
Mengenal Masalah
·         Keluarga telah mengenal masalah kesehatan yang terjadi pada anggota keluarga yang mempunyai masalah pada kesehatannya.
·         Keluarga belum mengetahui tentang tugas perkembangan keluarga saat ini.
·         Keluarga belum memiliki pengetahuan yang benar tentang pertumbuhan dan perkembangan serta masalah yang biasa terjadi pada anak remaja.
2
Mengambil Keputusan yang tepat
·         Keluarga mengambil keputusan dengan membawa anggota keluarga yang sakit ke Puskesmas atau Mantri.
·         Keluarga belum mengambil keputusan untuk meningkatkan proses keluarga
·         Keluarga belum bisa mengambil keputusan karena kurangnya pengetahuan tentang kondisi saat ini.
3
Merawat anggota keluarga yang sakit ataupun punya masalah
·         Keluarga belum mampu merawat anggota keluarga yang sakit, karena hanya beranggapan harus merawat anggota keluarga yang sakit apabila anggota keluarga yang sakit tidak lagi mampu melakukan aktivitas dengan baik.
4
Memodifikasi lingkungan
·         Terkait masalah kesehatan yang terjadi sekarang keluarga belum melakukan modifikasi lingkungan, karena dirasakan keluarga tidak perlu.
·         Keluarga belum melakukan modifikasi lingkungan khususnya secara psikologis, terkait kesiapan untuk meningkatkan proses keluarga.
5
Memanfaatkan sarana kesehatan
·         Keluarga telah memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan, baik berupa pergi ke Mantri maupun Puskesmas.


K      DAFTAR MASALAH
NO
DATA
ETIOLOGI
PROBLEM
1.
Ds :
-Keluarga mengatakan didalam keluarganya ada yang memilki riwayat penyakit keturunan berupa hipertensi
-Keluarga mengatakan bahwa Tn. S sering mengalami hipertensi dan apabila gejalanya berat dibawa ke tenaga kesehatan.
Do:
-Penyakit Hipertensi Tn. S sering kambuh karena keluarga hanya melakukan perawatan kesehatan pada saat Tn. S sakitnya mengganggu aktivitasnya.
TD= 135/90
mmhg
S=36,5
RR=21
N=95
Ketidakmampuan Keluarga dalam merawat anggota keluarga yang sakit
Ketidakefektifan Manajemen Regimen Terapeutik Keluarga
Pada Keluarga Tn.S
2.
Ds :
- Kekuatan keluarga dipegang oleh Kepala keluarga. Keputusan yang diambil dalam keluarga dipegang oleh Tn. S.
- Model kekuatan atau kekuasaan yang digunakan keluarga dalam membuat keputusan menggunakan musyawarah dan kadang-kadang langsung diambil keputusan oleh kepala keluarga.
Do:
-Saat ini keluarga berada dalam tahap perkembangan keluarga dengan anak remaja.
- Interaksi dalam keluarga cukup baik, walaupun An. Y tidak terlalu sering berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya karena sering berada diluar rumah.
- Anggota Keluarga yang dominan dalam pengambilan keputusan adalah Tn. S


Kesiapan Meningkatkan Proses Keluarga
Pada keluarga Tn. S
3.
Ds:
- Keluarga tidak mengetahui secara pasti mengenai kegiatan anak remajanya.
- Keluarga merasa kecewa dengan prestasi anak An. Y yang akhir-akhir ini menurun dari sebelumnya.
- Pemenuhan gizi keluarga dilakukan oleh Ny. L dengan menyediakan pemenuhan kebutuhan makan 3 kali sehari. Tidak ada upaya lain yang dilakukan.

Do:
-Saat ini keluarga berada dalam tahap perkembangan keluarga dengan anak remaja.
- keluarga belum mengetahui secara baik mengenai pertumbuhan dan perkembangan pada anak remaja
- Interaksi dalam keluarga cukup baik, walaupun An. Y tidak terlalu sering berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya karena sering berada diluar rumah.



Ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah
Defisiensi Pengetahuan tentang tugas perkembangan keluarga serta pertumbuhan dan perkembangan remaja
Pada Keluarga Tn.S

L       SKORING
1.      Ketidakefektifan Manajemen Regimen Terapeutik Keluarga
KRITERIA
SKOR
Hasil
Pembenaran
SIFAT MASALAH (bobot= 1)
o   Tidak sehat
o   Ancaman kesehatan
o   Krisis atau keadaan sejahtera

3
2
1

2/3x1=
2/3
-pada Tn S sering mengalami hipertensi
KEMUNGKINAN MASALAH DAPAT DIUBAH (bobot=2)
o   Dengan Mudah
o   Hanya Sebagian
o   Tidak dapat


2
1
0

1/2x2=
1
-karena keluarga mengatakan apabila sudah mengganggu aktivitas Tn.S keluarga baru membawa ke tenaga kesehatan
PONTESIAL MASALAH DAPAT DICEGAH (bobot= 1)
o   Tinggi
o   Cukup
o   Rendah


3
2
1

2/3x1=
2/3
-karena keluarga sudah mampu mengenal masalah dan mampu mengambil keputusan tetapi belum mampu melakukan perawatan
MENONJOLNYA MASALAH (bobot= 1)
o   Masalah berat, harus segera ditangani
o   Ada masalah, tapi tidak perlu segera ditangani
o   Masalah tidak dirasakan


2

1

0
1/2x1=
½
- Tidak sedang dalam keadaan yang membahayakan kesehatan Tn. S

2.      Kesiapan Meningkatkan Proses Keluarga
KRITERIA
SKOR
Hasil
Pembenaran
SIFAT MASALAH (bobot= 1)
o   Tidak sehat
o   Ancaman kesehatan
o   Krisis atau keadaan sejahtera

3
2
1
1/3x1=
1/3

-pengambilan keputusan dalam keluarga biasanya dilakukan oleh Tn.S dengan
KEMUNGKINAN MASALAH DAPAT DIUBAH (bobot=2)
o   Dengan Mudah
o   Hanya Sebagian
o   Tidak dapat


2
1
0

2/2x2=
2
-karena keluarga seperrtinya mempunyai keinginan untuk membangun hubungan keluarganya menjadi lebih baik
PONTENSIAL MASALAH DAPAT DICEGAH (bobot= 1)
o   Tinggi
o   Cukup
o   Rendah


3
2
1

2/3x1=
2/3
-keluarga dalam keadaan baik untukmeningkatkan proses keluarga
MENONJOLNYA MASALAH (bobot= 1)
o   Masalah berat, harus segera ditangani
o   Ada masalah, tapi tidak perlu segera ditangani
o   Masalah tidak dirasakan


2

1

0





1/2x1=
1/2
-keluarga berkeinginan untuk meningkatkan proses keluarga menjadi lebih baik

3.      Defisiensi Pengetahuan
KRITERIA
SKOR
Hasil
Pembenaran
SIFAT MASALAH (bobot= 1)
o   Tidak sehat
o   Ancaman kesehatan
o   Krisis atau keadaan sejahtera

3
2
1

1/3x1=
1/3
-Keluarga harus ditingkatkan pengetahuan untuk meningkatkan tugas perkembangan keluarga
KEMUNGKINAN MASALAH DAPAT DIUBAH (bobot=2)
o   Dengan Mudah
o   Hanya Sebagian
o   Tidak dapat


2
1
0

2/2x2=
2
-latar belakang pendidikan keluarga adalah SLTP dan SMA
PONTESIAL MASALAH DAPAT DICEGAH (bobot= 1)
o   Tinggi
o   Cukup
o   Rendah


3
2
1

2/3x1=
2/3
-keluarga mau diajak dalam bekerjasama (kooperatif)
MENONJOLNYA MASALAH (bobot= 1)
o   Masalah berat, harus segera ditangani
o   Ada masalah, tapi tidak perlu segera ditangani
o   Masalah tidak dirasakan


2

1

0



1/2x1=
½
-klien belum mengetahui tentang proses dan tugas perkembangan keluarga saat ini.






M     RENCANA TINDAKAN
No
Diagnosa keperawatan
Tujuan dan Kriteria Hasil
Intervensi Keperawatan
Rasional
1
Ketidakefektifan manajemen regimen terapeutik keluarga b.d kerumitan regimen terapeutik
Manajemen regimen terapeutik keluarga efektif dengan kreteria hasil:
Ds:
-klien mengatakan sudah bisa menentukan keputusan yang diambilnya

-kaji tingkat pengetahuan tentang penyakit hipertensi
-berikan penkes tentang hipertensi
-kaji tingkjat pengetahuan setelah penkes


 -untuk mengetahui tingkat pengetahuan
-agar keluarga lebih mengetahui tentang hipertensi
- untuk mengetahui tingkat pengetahuan setelah penkes
2
Kesiapan peningkatan proses keluarga b.d Perubahan fungsi setiap anggota keluarga sesuai tahap perkembangan keluarga
Peningkatan proses keluarga dengan kreteria hasil keluarga mengetahui perubahan fungsi setiap anggota keluarga sesuai tahap perkembangan
-kaji tingkat perkembangan keluarga

-berikan penjelasan fungsi dan tugas tiap anggota keluarga sesuai dengan tahap perkembangan
-untuk mengetahui tingkat perkembangan
-agar keluarga mengetahui fungsi dan tugas tiap anggota keluarga sesuai dengan tahap perkembangannya
3
Defisiensi pengetahuan b.d Kurang terpajannya Informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan bio-psiko-sosial pada anak remaja serta masalahnya
Pengetahuan keluarga meningkat dengan kreteria hasil:
-keluarga lebih mengetahui dan memahami mengenai pertumbuhan dan perkembangan bio-psiko-sosial pada anak remaja serta masalahnya
-
-kaji tingkat pengetahuan keluarga mengenai pertumbuhan dan perkembangan bio-psiko-sosial pada anak remaja serta masalahnya
-berikan penkes tentang tugas perkembangan psikososial pada keluarga
-kaji tingkat pengetahuan setelah dilakukan penkes



-

- mengetahui seberapa jauh pengetahuan keluarga mengenai masalah tersebut





-agar keluarga mengetahui tentang perkembangan psikososial remaja

-untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan keluarga setelah dilakukan penkes





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Pada saat anak beranjak usia menjadi tigabelas tahun, maka disinilah dimulainya perkembangan keluarga pada tahap yang ke-lima, yaitu tahap perkembangan keluarga dengan anak usia remaja. Pada tahap perkembangan ini, keluarga mempunyai beberapa tugas perkembangan yang harus dikerjakan, dan apabila beberapa tugas perkembangan keluarga ini tidak diselesaikan maka tentu saja akan mengakibatkan terganggunya perkembangan keluarga pada tahap ini, baik untuk keluarga secara utuh maupun kepada setiap-setiap individu di keluarga, terutama pada anak remajanya. Adapun tugas perkembangan tersebut meliputi; memberikan kebebasan tanggung jawab yang seimbang kepada remaja, mempertahankan komunikasi terbuka didalam keluarga, membina hubungan intim, serta melakukan perubahan proses peran didalam keluarga terkait dengan perkembangan keluarga pada saat ini.
Dari asuhan keperawatan kasus yang kami lakukan pengkajian, disini kami menemukan beberapa data maupun masalah yang berhubungan dengan perkembangan keluarga dengan anak usia remaja, seperti disini kami menemukan bahwa orangtua masih memakai pengambilan keputusan sepihak tanpa mengajak anak remajanya untuk mendiskusikan apa yang ada dipikirannya. Disini juga tampak bahwa keluarga belum mengetahui mengenai tugas dan perkembangan keluarga yang pada saat ini berada pada tahap perkembangan keluarga denagan anak usia remaja. Pada keluarga ini juga ditemukan penyakit yang berkaitan dengan masalah kesehatan didalam keluarga pada tahap perkembangan anak usia remaja serta tugas dan peran perawat didalamnya. Dari sini kami mencoba untuk menyusun diagnosis keperawatan yang tepat serta merencanakan intervensi yang akan dilakukan nanti untuk mengatasi masalah yang terjadi serta meningkatkan keluarga dalam menyelesaikan tugas dan tahap perkembangan keluarga saat ini.
Peran perawat pada tahap ini adalah mengarahkan keluarga pada peningkatan dan pencegahan penyakit. Penyuluhan tentang penyakit kardiovaskuler pada usia lanjut, penyuluhan tentang obat-obatan terlarang, minuman keras, seks, pencegahan kecelakaan pada remaja, serta membantu terciptanya komunikasi yang lebih efektif antara orang tua dengan anak remajanya.

B.     Saran
1.      Keluarga
Kepada setiap keluarga diharapkan untuk mengetahui dan memahami tahap  perkembangan keluarga dengan anak usia remaja, memahami tugas-tugas perkembangan keluarga pada tahap ini, permasalahan-permasalahan yang biasa terjadi pada tahap ini, peran dan tanggung jawab orang tua, dan dapat memenuhi lima tugas perawatan keluarganya. Serta dapat menyelesaikan dan mencapai tujuan tahap perkembnagan keluarga dengan anak usia remaja.
2.      Perawat
Untuk perawat diharapkan dapat memahami dan mengerti tentang konsep dan asuhan keperawatan keluarga dengan anak remaja agar dapat menerapkan dan memberikan pelayanan yang efektif kepada anak dan keluarga yang mungkin mengalami masalah yang ditimbulkan oleh kebutuhan akan tugas  dan perkembangan keluarga dengan anak usia remaja ini.

3.      Puskesmas
Puskesmas sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang paling sering dijadikan tempat oleh masyarakat khususnya keluarga dalam membawa anggota keluarganya yang sakit, diharapkan untuk lebih memahami dan memandang setiap individu adalah bagian dari keluarga yang mempunyai tahap perkembangan keluarga tersendiri. Dan dapat lebih ditekankan dalam pemberian pelayanan dan pendidikan kesehatan dirumah, karena dirumah ada keluarga dimana tempat individu berada paling sering, sehingga pemberian pelayanan kesehatan akan menjadi lebih baik dan efektif




DAFTAR PUSTAKA
Friedman Marilyn. 1998.Keperawatan Keluarga.EGC:Jakarta
Perry &  potter .2005.Fundamental of nursing.EGC:Jakarta
Rahmad hidayat,Dede.2009.Ilmu perilaku manusia.CV Trans Info Media:Jakarta
Suprajitno.2004. Asuhan keperawatan keluarga.EGC:Jakarta
Hurlock B Elizabeth.1980.Psikologi Perkembangan.Erlangga:Jakarta
Mubarak Wahit Iqbal.2009.Ilmu Keperawatan Komunitas.Salimba Medika:Jakarta


DAFTAR PUSTAKA
Friedman Marilyn. 1998.Keperawatan Keluarga.EGC:Jakarta
Perry &  potter .2005.Fundamental of nursing.EGC:Jakarta
Rahmad hidayat,Dede.2009.Ilmu perilaku manusia.CV Trans Info Media:Jakarta
Suprajitno.2004. Asuhan keperawatan keluarga.EGC:Jakarta
Hurlock B Elizabeth.1980.Psikologi Perkembangan.Erlangga:Jakarta
Mubarak Wahit Iqbal.2009.Ilmu Keperawatan Komunitas.Salimba Medika:Jakarta